PENERIMAAN TARUNA AKPOL TAHUN 2010 AKAN DIUBAH

Posted on Januari 16, 2010. Filed under: Uncategorized |

Semarang, Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri menyatakan syarat penerimaan taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di tahun 2010 akan diubah.

“Untuk tahun depan, Akpol kembali hanya akan menerima taruna lulusan SMU saja, hal tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya yang selain menerima lulusan SMU juga menerima lulusan sarjana (S1) dan akan menempuh pendidikan selama empat tahun,” kata Kapolri usai upacara penutupan pendidikan Taruna Akpol Semarang, Kamis.

Upacara penutupan pendidikan tersebut antara lain dihadiri oleh pejabat utama Mabes Polri, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Alex Bambang Riatmodjo, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Salman Maryadi, dan Muspida Tingkat I dan II Jawa Tengah.

Kapolri menjelaskan, untuk lulusan sarjana yang ingin menjadi anggota Polri akan ditampung di pendidikan Perwira Polri Sumber Sarjana (PPSS) yang sudah ada sejak lama.

“Kita akan mencoba memisahkan karena berdasarkan pengalaman sebelumnya ada beberapa hal dan kendala dalam pendidikan yang perlu segera dibenahi sperti lulusan SMU dan sarjana tidak bisa disatukan serta dari sisi pensiun akan ada perbedaan yang mencolok,” ujarnya.

Menurut Kapolri, perubahan syarat penerimaan Akpol tersebut merupakan aspek mendasar dalam aspek pendidikan dan sebagai bentuk nyata reformasi birokrasi di tubuh Polri karena sumber daya manusia (SDM) mutlak diperlukan untuk mengubah kultur Polri ke depan.

“Perubahan syarat penerimaan Akpol sudah dikaitkan dengan sistem pendidikan nasional (sisdiknas) yang ada sehingga sistem pendidikan (sisdik) Polri dan sisdiknas akan menyatu,” katanya.

Mengenai pelajaran yang akan diberikan kepada taruna Akpol tahun depan juga akan mengalami perubahan dengan mengikuti tantangan Polri ke depan seperti demokratisasi dan teknologi serta hak asasi manusia (HAM).

Dalam upacara penutupan pendidikan taruna Akpol tersebut dilakukan pengucapan sumpah 499 taruna tingkat IV dari jumlah seluruhnya sebanyak 524 taruna.

Sedangkan 30 taruna dinyatakan tidak lulus karena beberapa alasan yakni mengundurkan diri, tidak lulus ujian akademis, ujian mental, dan ujian fisik.

Ke-499 taruna yang akan dilantik menjadi anggota Polri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tanggal 23 Desember 2009 di Surabaya tersebut terdiri dari 288 taruna lulusan SMU dan 211 taruna lulusan sarjana dengan jumlah taruna sebanyak 434 orang dan taruni sebanyak 65 orang.

Selain mengambil sumpah ke-499 taruna, juga dilakukan Wisuda Bhayangkara Taruna terhadap 399 calon bhayangkara taruna menjadi Taruna Tingkat II dengan pangkat Brigadir Dua Taruna dan melantik 393 taruna dari sumber SMU dan sarjana dengan satu pangkat lebih tinggi.

Dalam amanatnya kepada seluruh Taruna yang hadir dalam upacara pentutupan pendidikan tersebut, Kapolri berpesan agar senantiasa siap dalam menghadapi tantangan dan tugas Polri ke depan di dalam masyarakat yang semakin berat dan dengan dinamika beragam.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “PENERIMAAN TARUNA AKPOL TAHUN 2010 AKAN DIUBAH”

RSS Feed for Mazrie's Blog Comments RSS Feed

yaaa… gmna dunk ijazah D3 gw…???

ya itu sch menurut keputusan kapolri.. mungkin ada pengalihan untuk D3 gan..


Where's The Comment Form?

  • Arsip

  • Top Rated

  • _wElLcOMe mOnSTer_

    ceyeeemmmm

    Thank's yAa dAh lIAt-lIAt... JanGAn LuPA cOmenTNnya yAAA...

  • tuker link

    Link to us, we did link you back :

    Kolom blog tutorial

  • Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Bergabunglah dengan 2 pengikut lainnya

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: